Spesifikasi dan Review NUC 3RY4H5W10, Versi Hemat dari NUC 5i5RYH

  • Whatsapp
No votes yet.
Please wait...

Hai Sobat Tekno, kali ini kita ingin membahas salah satu perangkat mini PC yang bisa dikatakan sebagai alternatif terbaik untuk berbagai skenario penggunaan harian. Nah, perangkat yang dimaksud adalah Intel NUC 3RY4H5W10 yang merupakan varian Core-i3 dari NUC 5i5RYH yang menggunakan Core-i5 di dalamnya. Seperti apa spesifikasi dan review dari Intel NUC 3RY4H5W10 ini, silakan disimak.

Spesifikasi dan Harga Intel NUC 3RY4H5W10

Untuk lebih memudahkan Sobat Tekno untuk mempertimbangkan NUC 3RY4H5W10 ini, berikut kami hadirkan daftar spesifikasinya

  • Intel Broadwell Core i3-5010U
  • Intel HD Graphics 5500
  • 500GB HDD
  • 4Gb DDR3 SODIMM L
  • Konektifitas Wifi, BT 4.0, IR, Gigabit LAN, 1x mini HDMI, 1x mini Display port, 8 Channel audio support, 4x USB 3.0
  • Power adapter, dan
  • Bracket VESA-mount
  • Dalam penjualannya juga ditawarkan OS WIN10 free

NUC 3RY4H5W10

Perangkat ini memiliki dimensi bodi 115 x 111 x 48.7 mm, yah kurang lebih seukuran telapak tangan orang dewasa. Ringkas sehingga memungkinkan untuk ditempatkan di berbagai sudut hingga ditempelkan di belakang monitor sekalipun.

Bagian atasnya, mini PC ini menggunakan bahan plastik mengkilap yang bisa dilepas. Konon, cover ini juga bisa dimodifikasi dengan motif tertentu yang oleh Intel sudah disediakan template-nya agar lebih presisi terhadap layout tombol power dan lampu indikator.

Di sisi depan, ada sepasang port USB 3.0, combo audio jack, dan sebuah port USB lain yag dapat digunakan untuk mengisi daya smartphone ataupun tablet.

Sedangkan di belakang cukup ramai, terdapat sebuah port untuk power, mini Display, Ethernet/LAN, sepasang port USB 3.0 dan mini HDMI. Selain itu, bagian belakang juga menjadi tempat untuk pembuangan ventilasi.

Ventilasi masuk ditempatkan di sisi kanan kiri perangkat. Di sisi kanan juga terdapat slot Kensington untuk keamanan perangkat. Sementara untuk membongkar perangkat dan mengakses komponen di dalamnya, Sobat Tekno cukup melepas 4 baut di sisi bawah.

Pelat logam yang merupakan penutup bawah ini memiliki fungsi sebagai kompartemen HDD maupun SSD 2,5 inci. Penutup ini juga memiliki fungsi sebagai sistem pendingin pasif SSD karena adanya thermal pad. Untuk mendinginkan prosesornya, perangkat ini menggunakan kipas blower yang akan mengeluarkan udara panas dari dalam casing.

Masih di dalam tubuh mini PC tersebut, ada sepasang slot memori DDR3-L SO-DIMM dengan kapasitas tegangan 1,35 Volt yang menemani port SATA III 6 Gbps. Motherboard juga ditanami dengan chip Intel Dual Band Wireless-AC 7265 sebagai solusi nirkabel. Untuk meningkatkan penerimaan sinyal, casing NUC 3RY4H5W10 juga difungsikan sebagai antena.

Pengisi daya bawaan dari Intel NUC ini memiliki bentuk mirip charger smartphone dengan kemampuan sampai 65 Watt. Perangkat yang dibanderol kisaran Rp 5,3 hingga Rp5,9 jutaan ini juga menyertakan bracket khusus jika ingin “disembunyikan” di balik monitor.

Review NUC 3RY4H5W10

Tak dapat dipungkiri, Core i3 5010U yang dibenamkan dalam NUC 3RY4H5W10 ini memang tak setangguh yang dibawa oleh kakaknya yang berselisih harga tipis saja. Meski begitu, mini PC ini tetap layak diandalkan untuk mengerjakan berbagai tugas ringan harian. Sobat Tekno tetap bisa mengharapkan performa terbaik untuk membuat dokumen, menonton video, browsing hingga editing ringan. Tak hanya itu, game 3D ringan juga tetap playable.

Intel NUC yang satu ini menawarkan skenario penggunaan yang cukup luas dengan efisiensi daya yang baik membuatnya ideal untuk digunakan di kantor maupun rumah. Bahkan jika Anda ingin memiliki smart TV, tak ada salahnya ikut mempertimbangkan penggunaan mini PC ini rumah.

No votes yet.
Please wait...