Synology DS218j

Spesifikasi Dan Review Network Attached Storage DS218j, Ideal untuk Setup “Minimalis”

Posted on

Sudah seharusnya Sobat Tekno mengikuti trend perkembangan teknologi jika tak ingin melewatkan berbagai macam kemudahan yang dihadirkan. Bukan sekedar tak mau dibilang kurang update, mengetahui informasi teknologi terkini juga memungkinkan Sobat untuk mendapatkan berbagai manfaat yang dihadirkan, tak terkecuali soal penyimpanan file yang ditawarkan oleh Synology lewat Network Attached Sorage DS218j.

Synology DS218j

Sekilas tentang Solusi Penyimpanan File

Tak bisa dipungkiri, satu hal yang menjadi kebutuhan pokok di era internet saat ini adalah penyimpanan. Buktinya, produsen gadget selalu menghadirkan perangkat dengan kapasitas penyimpanan yang semakin besar dari waktu ke waktu, tentu saja karena kebutuhan pengguna juga semakin tinggi. Lihat saja berapa file yang Sobat simpan di ponsel?

Nah, file zaman now cenderung berukuran lebih besar karena kualitasnya juga semakin tinggi. Logikanya, penampungan file pun juga harus semakin besar pula. Hingga kini, kemajuan dalam hal penyimpanan ini yang paling pesat diantaranya adalah penyimapanan berbasis cloud dan Network Attached Storage (NAS).

Salah satu solusi yang akan kita bahas kali ini adalah NAS yang sudah semakin penting atau bahkan mendesak bagi pengguna rumahan hingga startup kecil-kecilan. Perangkat NAS ini memiliki kapasitas berbeda-beda, namun dalam ulasan kali ini kita akan membahas salah satu produk dari Synology yang kami rasa cukup menjanjikan.

Harga, Review dan Spesifikasi Synology DS218j

Synology DS218j

Ya, Synology menawarkan DS218j untuk segmen low-end hingga menengah sebagai solusi kebutuhan penyimpanan file. Target perangkat entry-level ini adalah pengguna rumahan hingga startup kecil namun tidak menutup kemungkinan pula digunakan untuk kantor instansi tertentu. Dipasarkan sekitar Rp 3 jutaan, perangkat ini masih cukup menjanjikan sebagai solusi penyimpanan yang dapat diandalkan.

Synology DS218j hadir dengan desain sederhana, elegant dengan balutan warna putih pada body. Meskipun menggunakan material plastik, perangkat ini masih terasa kokoh. Dengan ukuran yang juga ringkas, perangkat ini juga lebih mudah ditempatkan tanpa merusak interior baik di ruang kerja maupun ruang keluarga.

Ruang hard disk untuk DS218j diamankan di dalam body, Anda pun harus membelah NAS ini untuk mengaksesnya. Satu hal yang cukup disayangkan adalah,  Sobat harus menggunakan alat bantu untuk melepas baut untuk memasang hard disk. Jangan khawatir, sebab alat yang dibutuhkan untuk pemasangan ini sudah disertakan dalam paket penjualannya.

Synology DS218j memiliki kapasitas 2 unit hard disk berukuran total hingga 32 TB, masing-masing maksimal support hingga 16 TB per unit. Mungkin inilah faktor yang perlu Sobat pertimbangkan jika ingin membelinya. Selain itu, perangkat ini juga mendukung konfigurasi RAID populer seperti JBOD, RAID 0 dan RAID 1.

Perangkat ini menggunakan sepasang SoC ARM Marvell Armada yang masing-masing berkecepatan hingga 1,3 GHz dan memori DDR3 512 MB. Racikan ini memang masih kalah jika dibanding perangkat NAS dari Synology lainnya yang mengadopsi Intel. Tapi tunggu dulu. Soal keandalan, ia tidak bisa dianggap remeh. Sesuai dengan segmentasinya, DS218j masih sangat mumpuni untuk kebutuhan skala kecil hingga menengah untuk beberapa pengguna sekalipun.

Masih ada beberapa fitur fungsional lain yang juga layak untuk Sobat pertimbangkan, sebut saja Download Station yang memungkinkan download tanpa menyalakan PC, Photo Station dan Moments untuk mengelola seluruh foto di dalam NAS dengan lebih praktis dengan bantuan AI.

Bagaimana dengan kinerjanya? Terbukti mulai dari proses inisialisasi hingga digunakan, Synology DS218j memberikan performa yang memuaskan, responsif, stabil dan hening. Ya meskipun ada sesekali terdengar sayup suara dari hard disk karena sedang dipacu intensif. Perangkat ini juga cenderung adem dengan skenario penggunaan ringan yang diterapkan.

Sebagai kesimpulan, DS218j dari Synology ini layak dipertimbangkan bagi pengguna rumahan atau startup skala kecil hingga menengah yang merasa “keberatan” dengan solusi berlangganan penyimpanan cloud. Terlebih dengan harga yang juga kami rasa sepadan membuat perangkat ini layak beli.

Sobat Tekno juga tidak salah memilih produk yang memiliki kelebihan antara lain performa yang bisa dipertanggungjawabkan, kompatibel dengan  beragam memori dan mendukung berbagai aplikasi tambahan. Meskipun menurut kami masih ada sedikit yang terlewat seperti tombol copy, dukungan hot swap dan jumlah port yang asal cukup. Overall, DS218j ini cukup manis untuk setup meja kerja atau livingroom minimalis Anda.