Rumus Excel Lengkap Dengan Penjelasan Dan Pengaplikasian

  • Whatsapp
rumus excel lengkap
rumus excel lengkap
Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Excel sangat membantu untuk menampilkan informasi secara terorganisir tetapi Excel dapat digunakan untuk lebih banyak hal. Kemampuan kalkulasinya yang kuat memungkinkan kamu untuk memasukkan, memanipulasi, dan menganalisis angka. Untuk memanfaatkan fungsi ini, kamu perlu belajar tentang rumus, yang pada dasarnya adalah persamaan matematika. Di sini kami menjelaskan cara membuat rumus excel lengkap dari dasar dan sedikit lebih rumit di Excel.

Dasar-dasar Rumus Excel Lengkap

penggunaan-rumus-ms-excel-standar
penggunaan-rumus-ms-excel-standar

Menulis rumus spreadsheet berbeda dengan menulis persamaan di kelas matematika. Perbedaan yang paling menonjol adalah bahwa rumus Excel mulai dengan tanda sama dengan ( = ) alih-alih diakhiri dengan itu.

Rumus Excel terlihat seperti = 3 + 2 bukannya 3 + 2 =.

Tanda sama menunjukkan bahwa apa yang mengikuti adalah bagian dari rumus dan bukan hanya kata atau angka yang ingin kamu tampilkan di sel. Setelah kamu mengetik rumus dan menekan Enter pada keyboard, hasil rumus muncul di sel.

Misalnya, jika kamu mengetik rumus di atas, = 3 + 2 ke dalam sel dan tekan Enter, hasilnya, 5 , muncul di sel. Rumusnya masih ada, tetapi tidak muncul di spreadsheet. Namun, jika kamu memilih sel, rumus muncul di kotak rumus di bagian atas layar Excel.

Menggunakan Referensi Sel

Setiap sel di Excel adalah bagian dari baris dan kolom. Baris ditunjukkan dengan angka (1, 2, 3, dll.) Yang ditampilkan di sepanjang sisi kiri spreadsheet, sementara kolom ditandai dengan huruf (A, B, C, dll.). Untuk merujuk ke sel, gunakan huruf kolom dan nomor baris bersamaan, seperti A1 atau W22 (huruf kolom selalu didahulukan). Jika kamu memiliki sel yang dipilih, kamu dapat melihat referensi di bagian atas layar dalam Kotak Nama di sebelah kotak rumus.

Perbaiki Rumus dengan Referensi Sel (Select sel)

Rumus Excel juga dapat dikembangkan menggunakan referensi sel. Melanjutkan dengan contoh, kamu tidak akan memasukkan angka 3 dan 2, tetapi akan menamai sel tempat nomor-nomor ini telah dimasukkan. Saat kamu menulis rumus dengan cara ini, sel rumus selalu menunjukkan jumlah angka dalam sel tersebut, bahkan jika jumlahnya berubah.

Baca Juga : Pengertian Microsoft Office Excel dan Fungsi Microsoft Excel Secara Lengkap

Kasusnya seperti ini, misalnya kamu sedang mengolah data yang cukup banyak. Jika kamu memasukkan angka dari data tersebut secara satu-satu, tentu akan membutuhkan waktu yang lama. Tetapi jika kamu menggunakan cara referensi sel untuk mengidentifikasi tempat nilai-nilai itu ditempatkan, perhitungan data akan mudah kamu selesaikan.

Beberapa Rumus Dasar

Jika Kamu ingin mengolah data di baris A1 hingga A10 di spreadsheet, kamu dapat melakukannya dengan menggunakan rumus berikut:

  • Penambahan = SUM (A1: A10)
  • Rata-rata  = Average (A1: A10)
  • Maksimum   = Maks (A1: A10)
  • Minimum    = MIN (A1: A10)

Rumus Excel lengkap diatas hanya sebagian saja yang kami informasikan. Kamu masih bisa menggunakan rumus yang lain untuk penggunaan lebih lanjut. Misalnya menggunakan rumus “IF” untuk mengolah data yang lebih rumit.

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Related posts