Perbedaan Access Point Dan Router Paling Mendasar

  • Whatsapp
Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Kedua perangkat ini memiliki bentuk yang mirip, sehingga untuk mengetahui Perbedaan access point dan router paling mendasar memang agak sedikit sulit. Bentuk wireless access point dan router berupa sebuah kotak yang memiliki lubang-lubang dan biasanya dilengkapi dengan antena eksternal.

Biasanya perangkat keras jaringan ini kadang digabungkan menjadi satu dengan modem, misalnya pada modem multifungsi IndiHome atau modem ADSL pabrikan lain yang telah dilengkapi dengan fungsi modem, router, dan wireless, meskipun ketiga perangkat ini sebenarnya bisa dipisahkan masing-masing sesuai dengan fungsinya.

Untuk bisa mengetahui perbedaan access point dan router paling mendasar, maka kamu harus tahu berbagai hal mengenai keduanya dimulai dari pengertian, fungsi dan dara kerja Router Wireless dan Access Point. Secara simpelnya, perbedaan yang mendasar antara Router Wireless dengan Access PoiPerbedaan access point dan router paling mendasarnt yakni pada router wireless mempunyai semua fitur dan fungsi yang dimiliki oleh sebuah access point, sehingga wireless router bisa dialihkan fungsinya menjadi access point. Sebaliknya access point tidak bisa dirubah atau dialihkan fungsinya menjadi router wireless karena fitur dan fungsinya yang terbatas.

Pengertian dan Fungsi Wireless Access Point

Access Point adalah suatu perangkat keras yang memiliki fungsi sebagai jembatan yang menghubungkan beberapa wireless klien komputer atau perangkat jaringan yang berada di dalam suatu jaringan yang sama.

Secara sederhana, access point ini memiliki kinerja yang mirip dengan sebuah switch atau HUB yang memiliki fungsi sebagai pusat dari suatu pemancar atau penerima pada sinyal-sinyal radio atau Wireless fidelity yang bisa kita kenal dengan WiFi.

Pengertian dan Fungsi Router Wireless

Wireless Router merupakan suatu perngkat jaringan dimana fungsinya untuk meneruskan paket-paket dari suatu jaringan ke jaringan lain, baik dari jaringan LAN ke LAN ataupun dari LAN ke WAN sehingga host dari kedua jaringan yang berbeda dapat dihubungkan atau dikomunikasikan satu sama lain.

Agar lebih jelasnya kami akan memberikan Perbedaan access point dan router paling mendasar pada fitur yang dimilikinya.

Fitur Wireless Router

  • Wireless router bisa menjadi DHCP server, biasanya untuk bisa mengunakan servis ini harus memerlukan sebuah server.
  • Wireless router bisa digunakan untuk mengakses internet ke berbagai komputer atau internet sharing.
  • Wireless router bisa membuat beberapa jaringan wireless yang berbeda terhubung satu sama lain.
  • Wireless router bisa membuat suatu paket data membelok ke server tertentu yang ditujukan (Port Redirect).
  • Wireless router bisa melakukan pemetaan port service yang berada pada pc/server menjadi port yang berbeda (Port Forwarding).
  • Wireless Router memiliki fitur sebagai Traffic Shaping / Bandwidth Management.
  • Wireless Router bisa menggantikan posisi sebuah server jaringan untuk menyediakan akses internet sharing atau bandwidth manager.

Fitur Wireless Access Point

  • Access Point tidak bisa menjadi server DHCP.
  • Access Point tidak dilengkapi dengan fasilitas Port Forwarding.
  • Access Point tidak dilengkapi dengan fasilitas Port Redirecting.
  • Access Point tidak bisa digunakan sebagai internet sharing.
  • Wireless Router tidakmemiliki fitur sebagai Traffic Shaping / Bandwidth Management.

Dari beberapa Perbedaan access point dan router tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Wireless Access Point memiliki kemampuan yang cukup terbatas dan tidak memiliki beberapa fungsi yang dimiliki oleh router wireless. Sedangkan wireless router mempunyai fungsi yang lebih lengkap sehingga dapat menggantikan fungsi dari sebuah Access Point. Nah, demikian informasi dari kami mengenai perbedaan keduanya, semoga dapat menambah wawasan kamu yah!

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Related posts