Penyebab iPhone Mati Total Tidak Bisa di Charge dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
No votes yet.
Please wait...

Postingan setekno kali ini membahas mengenai cara mengatasi iphone mati total tidak bisa di charge. Semua perangkat elektronik pastinya sangat rentan terkena kerusakan. Human error atau kesalahan pengguna menjadi penyebab yang paling banyak membuat perangkat mengalami kerusakan.

Human error sering sekali terjadi karena pengguna jarang menghiraukan bukut petunjuk mengenai bagaimana penggunaan smartphone yang benar agar perangkat awet dan ada juga petunjuk mengenai apa yang tidak boleh dilakukan.

Selain human error, kerusakan yang terjadi juga bisa diakibatkan karena kesalah pabrik. Seperti yang baru-baru ini sangat mengguncang dunia smartphone yakni Samsung Galaxy Note 7 yang banyak mengalami ledakan pada baterainya sehingga semua unitnya ditarik dan dihentikan penjualannya.

Salah satu masalah yang juga sering terjadi adalah iphone mati total tidak bisa di charge. Banyak yang mengalami keluhan seperti ini, ketika kehabisan baterai tidak bisa dinyalakan kembali sehingga iPhone mati total. Padahal dalam kondisi normal ketika kehabisan baterai untuk menyalakan kembali kita hanya perlu melakukan pengisian daya.

Banyak penyebab kenapa iPhone bisa mati total. Diantaranya adalah

  1. Gagal saat upgrade IOS
  2. iPhone jatuh
  3. iPhone tidak bisa dicharger
  4. Perangkat ter-jailbreak

iphone mati total tidak bisa di charge

Nah, ketika kamu mengalami masalah iphone mati total tidak bisa di charge jangan terburu-buru untuk membawanya ke service center. Kami akan membagikan beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengikuti langkah yang akan kami bagikan dibawah ini!

Cara Mengatasi iPhone Mati Total Tidak Bisa di Charge

1. Charger iPhone menggunakan Charger Original

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan pada saat iPhone mati total tidak bisa di charge adalah dengan melakukan pengisian daya menggunakan charger originalnya. Meskipun saat kita menghubungkannya dengan charger untuk mengisi daya iPhone tidak bisa menyala secara otomatis, kita tidak perlu khawatir karena iPhone memang membutuhkan waktu yang cukup lama agar baterai cukup terisi sehingga bisa menyala otomatis.

Yang jelas, pada saat kita melakukan proses pengisian daya dan menekan tombol home muncul ikon baterai yang sedang diisi. Namun, jika iPhone tidak menampilkan ikon pengisian daya saya tombol home ditekan maka kemungkinan charger mengalami kerusakan ataupun HP iPhone yang kita miliki.

2. Gunakan Stop Kontak yang Berbeda

Pada saat melakukan pengisian daya iPhone kita sangat disarankan untuk menggunakan sumber daya listrik yang tegangannya stabil. Jadi, sangat disarankan untuk memastikan bahwa sumber daya yang digunakan berada pada tegangan stabil yang dibutuhkan oleh iPhone.

3. Restart iPhone

Coba lakukan restart secara paksa pada perangkat iPhone, caranya berbeda setiap tipe.

  • iPhone X, 8 dan 8 Plus, Tekan secara berurutan, tekan lepas volume atas, lalu tekan lepas volume bawah, kemudian tekan dan tahan tombol samping sampai keluar logo Apple.
  • iPhone 7 dan 7 Plus, Tekan dan tahan tombol samping + Volume Turun selama minimal 10 detik, setelah logo Apple muncul baru dilepas.
  • iPhone 6s, 5 dan sebelumnya, Tekan dan tahan tombol Home + tombol Atas (power) selama minimal 10 detik, tunggu hingga logo Apple muncul baru kemudian dilepas.

Restart paksa ini tidak akan mempengaruhi file atau data yang ada iPhone kamu. Jika berhasil, biarkan beberapa saat sebelum menggunakannya.

4. Sambungkan ke iTunes

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan ketika iphone mati total tidak bisa di charge adalah dengan menyambungkannya ke iTunes. Secara otomatis iTunes akan mendeteksi masalah yang ada pada perangkat iPhone yang digunakan kemudian diperbaharui atau dipulihkan.

Melalui cara ini kita memanfaatkan recovery mode, bisa juga digunakan jika iPhone tiba-tiba hang. Untuk caranya silahkan ikuti langkah berikut, dan pastikan sudah daftar Apple ID.

  • Sambungkan iPhone yang bermasalah ke Laptop atau PC.
  • Setelah itu buka iTunes, jika belum silahkan download melalui www.apple.com/itunes/download, kemudian instal.
  • Lakukan restart secara paksa seperti cata diatas. Penting: Tetap tekan dan tahan tombol ketika logo Apple keluar, tombol jangan dilepas sampai sukses masuk ke mode pemulihan (recovery mode). Silahkan lihat gambar yang dibawah.

  • Kemudian pilih Perbaharui. iTunes akan secara otomatis mendownload lalu menginstal ulang iOS tanpa mengubah atau menghapus konten. Catatan: Opsi Pulihkan digunakan jika tidak ada opsi Perbaharui. Dengan catatan, semua data, file dan pengaturan iPhone akan kembali seperti bawaan pabrik. Jika kamu sudah melakukan backup di iCloud, kamu akan diminta untuk melakukan pemulihan.

  • Jika proses mendownload lebih dari 15 menit maka iPhone akan secara otomatis keluar dari mode recovery, dan silahkan ulangi dengan merestart perangkat dan pulihkan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika iphone mati total tidak bisa di charge. Jika semua cara diatas sudah dilakukan dan iPhone kamu tetap mati, ada baiknya langsung membawanya ke Service Center terdekat.

No votes yet.
Please wait...

Related posts