Saat terjadi Blue Screen maka temen temen akan melihat kode error penyebab blue screen terjadi.

Temen temen mungkin bingung artinya apa dan bagaimana cara mengatasinya.

Di artikel kali ini setekno akan membahas beberapa kode error blue screen yang sering terjadi, apa penyebabnya dan bagaimana solusi untuk mengatasi masalah/error tersebut.

IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)

Kode error IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A) adalah kesalahan sistem yang ditandai dengan munculnya pesan error (blue screen) pada sistem operasi Windows.

Kode error ini menunjukkan bahwa terjadi konflik atau masalah dengan prioritas akses memori (IRQL) pada sistem.

IRQL merupakan tingkat prioritas yang digunakan oleh sistem operasi Windows untuk mengatur akses memori.

Saat sistem mencoba mengakses memori dengan prioritas yang tidak sesuai, maka akan terjadi konflik yang menyebabkan sistem crash atau terhenti.

Kode error IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A) muncul saat sistem mencoba mengakses memori dengan prioritas yang lebih tinggi dari yang diizinkan.

Penyebab utama kode error IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A) adalah masalah pada driver atau perangkat keras yang tidak kompatibel dengan sistem operasi Windows.

Namun, kesalahan ini juga dapat disebabkan oleh virus atau malware, atau konflik dengan aplikasi atau program yang terinstall pada sistem.

Cara Mengatasi error IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)

Untuk mengatasi kode error IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A), Temen temen dapat mencoba beberapa cara seperti memperbarui driver, menggunakan “System Restore”, atau menghapus aplikasi atau program yang menyebabkan konflik.

Pastikan juga temen temen menggunakan driver yang kompatible dengan Windows temen temen.

Perhatikan juga apakah pemasangan hardware seperti GPU/VGA sudah benar atau belum.

NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) / (0X00000023)

Kode error NTFS_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000023) adalah kesalahan sistem yang ditandai dengan munculnya pesan error (blue screen) pada sistem operasi Windows.

NTFS (New Technology File System) adalah file system yang digunakan oleh sistem operasi Windows untuk menyimpan dan mengatur file di hard drive. Sementara itu, FAT (File Allocation Table) adalah file system yang juga digunakan oleh beberapa versi Windows untuk menyimpan dan mengatur file.

Kode error NTFS_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000023) muncul saat terjadi masalah dengan file system yang digunakan oleh sistem, seperti kerusakan file atau masalah dengan hard drive.

Penyebab utama kode error NTFS_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000023) adalah masalah dengan hard drive.

Cara mengatasi NTFS_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000023)

Jika masalah disebabkan oleh hard drive yang rusak, Temen temen mungkin perlu mengganti hard drive tersebut dengan yang baru.

Cek kesehatan Hard Disk dengan menggunakan CMD. Ketik “chkdsk” pada command prompt.

Pastikan juga kabel SATA sudah terpasang dengan benar.

UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Kode error UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F) adalah kesalahan sistem yang menunjukkan bahwa terjadi masalah dengan kernel mode pada sistem operasi.

Kernel mode adalah tingkatan akses yang digunakan oleh sistem operasi untuk mengatur akses ke hardware dan memori. Saat terjadi masalah dengan kernel mode, sistem operasi akan mengalami crash atau terhenti.

Kode error UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F) muncul saat terjadi masalah dengan kernel mode yang tidak terduga.

Penyebab utama kode error UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F) adalah masalah dengan driver atau perangkat keras yang tidak kompatibel dengan sistem operasi Windows atau CPU yang sudah tidak bekerja dengan benar atau rusak.

Kesalahan juga bisa terjadi karena Overheat atau suhu komponen yang terlalu panas.

Cara Mengatasi UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Cek apakan CPU temen temen berjalan dengan semestinya. Perhatikan pendingin CPU apakah berjalan dengan baik atau tidak.

Temen temen bisa memonitor suhu CPU menggunakan aplikasi seperti CPU-Z.

DATA_BUS_ERROR

Kode blue screen DATA_BUS_ERROR adalah tipe kesalahan Stop yang menunjukkan adanya masalah dengan data bus, yaitu sistem bus yang digunakan untuk mentransfer data antar komponen komputer yang berbeda. Kesalahan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kegagalan hardware, masalah software, dan masalah driver.

Beberapa penyebab umum kode blue screen DATA_BUS_ERROR adalah:

  • Modul RAM yang rusak atau cacat
  • Motherboard yang rusak atau cacat
  • Hard drive yang rusak atau cacat
  • Driver perangkat yang usang atau rusak
  • Infeksi virus atau jenis malware lainnya

Cara mengatasi DATA_BUS_ERROR

Untuk mencari tahu masalah ini, Temen temen dapat mencoba langkah-langkah berikut:

  1. Periksa masalah hardware. Pastikan semua hardware terhubung dengan benar dan berfungsi dengan baik. Jika menginstal beberapa modul RAM, coba hapus satu persatu dan lihat apakah masalah masih terjadi.
  2. Bersihkan kuningan RAM dengan penghapus, lalu coba pasang kembali.
  3. Jika error masih terjadi, mungkin temen temen harus mengganti RAM dengan yang baru, sehingga system dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya.

PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Kode PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA adalah kesalahan yang terjadi saat sistem operasi tidak dapat menemukan halaman memori yang diminta oleh proses yang sedang berjalan.

Halaman memori adalah bagian kecil dari memori yang digunakan oleh sistem operasi untuk menyimpan data yang sedang digunakan.

Cara mengatasi PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Untuk mengatasi kode PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA, Temen temen dapat mencoba langkah-langkah berikut:

  1. Periksa apakah ada masalah dengan memori dengan menjalankan perintah “chkdsk” di Command Prompt. Ini akan memindai hard drive dan memperbaiki masalah yang mungkin terjadi.
  2. Periksa apakah ada driver yang rusak atau tidak terupdate dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
    • Tekan tombol Windows + X dan pilih Device Manager.
    • Cari driver yang menunjukkan tanda seru merah atau tanda tanya, yang menunjukkan bahwa ada masalah dengan driver tersebut.
    • Klik kanan pada driver yang mengalami masalah dan pilih “Update Driver”. Ikuti instruksi yang ditampilkan untuk mengupdate driver tersebut.
  3. Jika masalah tetap terjadi setelah mencoba langkah-langkah di atas, mungkin ada masalah dengan hardware komputer Temen temen. Coba periksa apakah ada masalah dengan RAM, atau kartu grafis (VGA) temen temen dengan mencoba menggunakan perangkat lain untuk mengecek apakah masalah tersebut terjadi karena hardware yang rusak.

INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Error INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE adalah pesan kesalahan yang ditampilkan oleh Windows saat tidak dapat mengakses boot device (perangkat boot) atau sistem operasi pada saat startup. Ini biasanya disebabkan oleh kerusakan atau masalah pada hard drive, sistem boot, atau konfigurasi BIOS.

Cara Mengatasi INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Berikut adalah beberapa cara untuk mencoba mengatasi error INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE:

  1. Cek koneksi hard drive: Pastikan bahwa hard drive terpasang dengan benar dan terhubung dengan kabel yang tepat. Jika hard drive tidak terhubung dengan benar, sistem tidak dapat mengakses file yang diperlukan untuk boot.
  2. Periksa masalah dengan hard drive: Jika terdapat masalah dengan hard drive, sistem tidak dapat mengakses file yang diperlukan untuk boot. Coba gunakan utilitas diagnostik hard drive untuk mencari tahu apakah terdapat masalah dengan hard drive.
  3. Periksa masalah dengan sistem boot: Jika terdapat masalah dengan sistem boot, sistem tidak dapat mengakses file yang diperlukan untuk boot. Coba masuk ke Safe Mode dan lakukan troubleshooting terhadap sistem boot.
  4. Periksa konfigurasi BIOS: Jika terdapat masalah dengan konfigurasi BIOS, sistem tidak dapat mengakses hard drive atau sistem operasi. Coba masuk ke BIOS dan periksa apakah ada masalah dengan konfigurasi.
  5. Lakukan reset konfigurasi BIOS: Jika masalah terjadi setelah temen temen mengubah konfigurasi BIOS, cobalah untuk mereset konfigurasi ke pengaturan default. Cara melakukannya tergantung pada jenis motherboard yang Temen temen gunakan, tapi biasanya dengan menekan tombol DEL atau F2 saat startup untuk masuk ke BIOS dan mencari opsi reset ke default.
  6. Install ulang sistem operasi: Jika masalah tidak dapat diatasi dengan cara-cara di atas, mungkin diperlukan untuk menginstall ulang sistem operasi. Pastikan untuk mem-backup semua data yang diperlukan sebelum melakukan install ulang, karena proses ini akan menghapus semua data yang ada pada hard drive.

VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Kode error VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE adalah kode error yang muncul saat ada masalah dengan inisialisasi driver video pada komputer Anda. Ini biasanya terjadi saat Anda mencoba menjalankan suatu program atau game yang membutuhkan driver video yang terinstal dengan benar.

Cara mengatasi error VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Untuk mencoba mengatasi masalah ini, temen temen dapat mencoba langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan bahwa temen temen telah menginstal driver video yang sesuai dengan jenis kartu grafis(VGA) yang temen temen gunakan. Temen temen dapat mengecek jenis kartu grafis(VGA) temen temen dengan menekan tombol “Windows + R“, kemudian memasukkan perintah “dxdiag” dan menekan Enter. Pada jendela yang muncul, pilih tab “System” dan lihat pada bagian “Device“.
  2. Coba update driver video Anda ke versi terbaru. Anda dapat mengupdate driver dengan mengunjungi situs resmi VGA tersebut dan mengunduh driver yang sesuai dengan jenis kartu grafis yang temen temen miliki. Temen temen juga dapat menggunakan aplikasi seperti Device Manager atau Driver Easy untuk membantu Anda menemukan dan mengupdate driver yang sesuai.

BAD_POOL_CALLER

Error “BAD_POOL_CALLER” adalah kode error yang ditampilkan pada sistem operasi Windows saat terjadi masalah dengan memori yang terallokasi ke sistem.

Ini bisa terjadi karena adanya kesalahan pada driver atau OS yang sedang digunakan, atau karena adanya masalah hardware pada komputer.

Cara Mengatasi Error BAD_POOL_CALLER

Untuk mengatasi error BAD_POOL_CALLER, pertama-tama, Anda bisa mencoba menginstall ulang OS temen temen dan melihat apakah error tersebut masih muncul.

Categorized in: