ICA CN 650

Ini Alasannya Kenapa UPS ICA CN 650 Layak Dibeli

Posted on

Uninterruptible Power Supply atau yang biasa disingkat dengan sebutan UPS adalah salah satu perangkat elektronik berfungsi untuk menjadi pensuplai listrik cadangan saat sumber listrik utama mengalami masalah atau mati. Alat seperti ini bisa sangat berguna bagi Sobat Tekno yang menggunakan komputer untuk mengerjakan berbagai tugas penting, sehingga pekerjaan dapat diamankan terlebih dahulu sebelum rusak atau bahkan hilang. Salah satu produk layak dipertimbangkan di pasaran saat ini adalah UPS ICA CN 650. Kenapa?

Kelebihan dan Kekurangan UPS ICA CN 650

ICA CN 650

Tentunya jika Sobat menggunakan UPS untuk komputer, maka berbagai risiko kerusakan dapat ditekan dibanding hanya menggunakan stabilizer alias stavolt saja. Hal ini karena UPS yang juga bisa menstabilkan tegangan, juga bisa memberikan cadangan daya sebelum sistem akhirnya dimatikan sesuai prosedur, atau dengan cara yang normal. Komputer yang mati secara paksa atau tidak wajar rentan akan risiko kerusakan komponen, misalnya harddisk maupun motherboardnya.

Kelebihan utama menggunakan UPS seperti ICA C 650 ini adalah Sobat tidak perlu was-was kehilangan file seandainya terjadi gangguan pada sumber tenaga. Manfaat ini bisa sangat berguna pada saat men-copy file besar, melakukan maintenance software komputer hingga menggunakan aplikasi tertentu. Memiliki daya cadangan, Sobat bisa memutuskan apa yang bisa dilakukan berikutnya, entah itu segera menyalakan genset, menyudahi dan menyimpan hasil pekerjaan atau sekedar mengurungkan  proses pemindahan file.

Untuk mengisi ulang UPS buatan ICA ini diperlukan waktu sekitar 4 jam saja mengingat kapasitasnya yang tidak terlalu besar. Sesuai dengan skema penamaan yang diterapkan produsen terhadap produk UPS-nya, unit ini menawarkan kapasitas daya 650 VA/325 W sehingga lebih ideal bagi Sobat yang menggunakan perangkat elektronik dengan kebutuhan kapasitas daya yang rendah.

Dengan kapasitas yang katakanlah, terbatas, tersebut, sangat wajar jika perangkat ini memiliki durasi backup yang juga terbatas. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa memanfaatkan waktu 10 menit yang dijanjikan untuk menuntaskan berbagai tindakan penyelamatan yang disebutkan di atas.  Dengan transfer time yang kurang dari 4 ms, kerusakan komponen akibat perpindahan sumber tenaga dapat semakin ditekan.

Kelebihan lain dari UPS ICA CN650 ini adalah pada dimensinya dan bobotnya. Mungkin ini pulalah yang mengindikasikan bahwa unit ini lebih cocok untuk setup rumahan atau kantor minimalis. Dengan ukuran yang ringkas, unit dapat dengan mudah ditempatkan di ruang kerja. UPS dengan bobot sekitar 4,5 kg ini menggunakan indikator berupa LED serta Buzzer.

Tak hanya menjadi sumber tenaga cadangan, unit UPS ini juga memiliki fungsi sebagai stabilizer karena sudah dilengkapi dengan Automatic Voltage Regulation (AVR). Dengan demikian, UPS dapat menyesuaikan tegangan listrik terhadap perangkat yang terhubung secara otomatis. Saat tegangan terlalu tinggi, maka UPS akan menurunkannya dan begitu pula sebaliknya. Fitur inilah yang dapat membuat perangkat elektronik menadi lebih awet karena tidak mudah terganggu oleh fluktuasi tegangan secara konstan.

Dengan harga di pasaran mulai Rp. 550.000, Sobat Tekno sudah bisa mendapatkan solusi untuk permasalahan listrik yang tidak stabil, entah naik turun atau sering mati lampu. Tentunya ini menjadi investasi tepat untuk keawetan alat-alat elektronik tanpa mempertaruhkan produktifitas  sehari-hari.