Bingung Laptop Anda Lemot? Begini Cara Mengatasi Laptop Lemot

  • Whatsapp
No votes yet.
Please wait...

Saat melakukan pekerjaan dengan menggunakan laptop, terkadang laptop tiba-tiba menjadi lemot. Ketika terjadi hal tersebut pastinya pekerjaan akan menjadi menumpuk, terhambat dan membuat kita kesal. Tapi jangan khawatir, karena setekno akan membagikan tips cara mengatasi laptop lemot dengan beberapa cara sederhana yang akan membuat laptop kamu bekerja secara normal kembali.

Kenapa laptop bisa menjadi lemot? Setiap produk elektronik seperti laptop pastinya akan mengalami penurunan performa seiring masa pemakaiannya meskipun spesifikasi yang dimilikinya sudah sangat bagus.

Ada beberapa penyebab yang membuat laptop menjadi lemot, misalnya terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Apalagi aplikasi tersebut secara default aktif otomatis ketika laptop sudah dinyalakan. Artinya, semakin banyak aplikasi yang berjalan pada saat laptop dinyalakan akan membuat laptop melakukan kinerja yang lebih berat dan membutuhkan proses booting yang lebih lama.

Namun, itu hanyalah salah satu dari penyebab laptop menjadi lemot. Dibawah ini akan kami berikan penyebab lainnya dan bagaimana cara mengatasi laptop lemot aga bisa digunakan secara normal kembali.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

1. Uninstall Aplikasi Penyebab Laptop Lemot

Sebagian besar kita pastinya ketika sudah memiliki laptop ingin mencoba berbagai macam aplikasi. Namun, jika terlalu berlebihan kapasitas penyimpanan data yang biasanya di simpan di Drive C akan menjadi penuh sehingga membuat sistem akan terlalu lama membaca hardisk.

Efeknya akan menyebabkan laptop menjadi lemot. Cara mengatasi hal ini adalah dengan melakukan uninstall pada aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan dan memang tidak terlalu dibutuhkan keberadaannya.

Masuk ke daftar aplikasi yang terinstal dan lihat aplikasi mana yang jarang digunakan. Kamu juga bisa mengecek aplikasi mana saja yang tidak sengaja diinstal saat melakukan browsing. Lakukan uninstall pada setiap aplikasi yang jarang digunakan tersebut juga aplikasi asing yang tidak diketahui kapan terinstal.

2. Sesuaikan Penggunaan Aplikasi

Memaksakan RAM bekerja terlalu berat dengan menjalankan berbagai macam apikasi secara berlebihan juga akan menjadi salah satu hal yang menyebabkan laptop menjadi lemot. Misalnya, pada saat memainkan game terkadang kita juga membuka aplikasi seperti corel draw, photoshop, dan aplikasi berat lainnya dan tidak menghentikan prosesnya sehingga aplikasi tetap berjalan. Padahal pemrosesan game saja sudah membutuhkan kinerja yang berat pada laptop.

Ada baiknya jika menyesuaikan penggunaan aplikasi dengan spesifikasi laptop yang kamu miliki. Atau kamu bisa mengontrol penggunaan RAM melalui tas manager pada saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

3. Tambah Kapasitas RAM

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah dengan menambah kapasitas RAM. Jika kamu adalah salah satu pengguna yang sering menggunakan laptop dengan aktivitas berat seperti memainkan game, melakukan editing dan rendering video, serta melakukan
desain grafis.

Namun, ketika menambahkan RAM perlu diperhatikan spesifikasi RAM (RAM DDR3, atau RAM DDR3L, serta RAM DDR4) dan juga kapasitas maksimal RAM yang bisa diaplikasikan pada laptop kita.

4. Pakaikan Thermal Paste pada Prosesor

Thermal paste adalah pasta yang fungsinya untuk menjaga suhu prosesor agar tidak over heat atau kelebihan panas. Dengan suhu yang stabil, kinerja laptop akan menjadi lebih cepat dan stabil.

5. Ganti Memori HDD Menjadi SSD

Salah satu penyebab laptop lemot adalah masih menggunakan hardisk dengan jenis HDD yang memiliki kecepatan pembacaan data yang relatif lambat. Untuk mengatasinya, ada baiknya jika mengganti penyimpanan data HDD ke SSD.

Cara ini pastinya akan sangat ampuh, karena akan sangat membantu proses booting jauh lebih cepat dan membuatnya lebih responsif. Memang harus diakui jika harga SSD jauh lebih mahal jika dibandingkan degnan HDD, namun jika kamu memang ingin laptop yang cepat, cara ini adalah salah satu yang terbaik.

Demikianlah beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa kamu ikuti, semua cara diatas sangat ampuh untuk membuat kinerja laptop kembali normal. Terimakasih sudah menyimak postingan kali ini hingga akhir!

No votes yet.
Please wait...

Related posts