Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah, Tanpa Harus Jago IT

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Laptop Lemot
Cara Mengatasi Laptop Lemot
No votes yet.
Please wait...

Laptop kamu lemot? Apakah itu terjadi secara bertahap dari waktu ke waktu atau tiba-tiba? Memang bekerja dengan laptop yang lemot bisa sangat menyebalkan. Bahkan jika kamu cukup rajin merawat laptop atau PC, itu mengejutkan karena memang hal ini sering terjadi. Bahkan banyak dari kamu tentu belum tahu cara mengatasi laptop lemot.

Untungnya, kamu tidak perlu sampai menjual laptop itu atau menggantinya dengan yang baru. Kamu dapat mengambil beberapa langkah untuk memperbaiki kinerja dari kasus ini. Dengan beberapa cara sederhana, kamu dapat membuat laptop paling lambat pun dapat kembali seperti semula.

Dalam posting ini, kami akan memberikan beberapa cara untuk mempercepat laptop atau PC yang lambat yang menggunakan Windows 10, 8, atau 7. Khusus untuk artikel ini, kami akan berfokus pada masalah kinerja sistem dari pada terkait dengan jaringan yang kamu gunakan.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Repot

Cara Service Laptop Lemot

Kami menggunakan Windows 10 untuk melakukan beberapa cara ini. Namun, untuk Windows 8 dan 7 mungkin beberapa cara masih bisa kamu gunakan.

  • Tutup System Tray Programs

Jika laptop kamu lemot, salah satu penyebabnya mungkin beberapa program aktif saat startup. Program-program ini bisanya memang otomatis berjalan saat startup dan tentu dapat menyebabkan cukup berat saat memulai Windows.

Untuk melihat Program apa yang aktif itu cukup sederhana. Kamu tinggal lihat pada pojok kanan bawah. Dan klik tanda panah ke atas. Di situ akan terlihat program yang otomatis berjalan saat startup, dan kamu dapat menutup program itu dengan cara klik kana dan tutup.

  • Hentikan program yang berjalan saat startup

Mirip dengan program yang berjalan seperti yang diatas, program lain yang secara otomatis berjalan  saat startup dapat memperlambat laptop kamu. Beberapa program mungkin benar-benar harus berjalan, seperti antivirus, tetapi yang lain mungkin tidak perlu.

Klik kanan taskbar dan pilih Task Manager atau tekan Ctrl-Shift-Escape untuk memulai. Buka tab Startup dan kamu akan dapat melihat setiap item yang berjalan saat startup.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop Berbagai Merk

Telusuri semua itu dan putuskan mana yang tidak perlu memulai secara otomatis. Proses ini sangat bermanfaat untuk kinerja jika kamu dapat menonaktifkan beberapa program yang berdampak tinggi. Tetapi perhatikan bahwa beberapa dari program ini sangat penting bagi Windows untuk beroperasi. Misalnya, yang terdaftar dengan Microsoft mungkin sebaiknya dibiarkan saja. Jika kamu tidak yakin, tinggalkan saja, atau coba cari di Google untuk lebih lanjut.

Untuk menonaktifkan, cukup klik kanan dan tekan Nonaktifkan.

  • Memperbarui OS, driver, dan aplikasi

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa memperbarui perangkat lunak merupakan ide bagus untuk keamanan. Ini benar dan dapat membantu kinerja juga. Windows akan secara otomatis mengirimkan pemberitahuan ketika update tersedia.

Pergi ke start dan klik Pengaturan (setting) atau ikon pengaturan. Lalu pergi ke Updates & Security > Windows Updates.

Selain OS, driver dan aplikasi juga harus selalu diperbarui. Sekali lagi, ini bagus untuk keamanan dan kinerja. Atau jika masih ragu, gunakan internet untuk mencari tahu driver atau aplikasi mana yang harus kamu update.

Cara mengatasi laptop lemot diatas sebenarnya merupakan cara awal untuk mengatasinya. Tapi jika cara diatas tidak bekerja, banyak sekali kemungkinan lain yang menjadi penyebabnya. Misal laptop panas dan perlu untuk membersihkannya, Hardisk pada laptop kamu sudah mengalami penurunan kinerja, RAM yang kamu gunakan perlu untuk kamu tambah, dan masih banyak lagi.

No votes yet.
Please wait...

Related posts