6 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

  • Whatsapp
cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi
Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Pada postingan kali ini setekno akan mengulas mengenai cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi. Salah satu hal yang paling menakutkan oleh para pengguna laptop adalah jika keyboard mengalami masalah, baik itu hanya sebagian tombol yang bermasalah ataukah keseluruhan tombol. Tentu saja hal ini akan membuat semua pekerjaan menjadi terhambat dan membuat kita semakin pusing.

Dari berbagai sumber yang kami peroleh, jika tombol keyboard di laptop tidak berfungsi, maka ada beberapa kemungkinkan yang terjadi pada software atau hardwarenya.

Jika, kamu mengalami masalah keyboard ini apa yang harus dilakukan? Setekno akan membagikan pada postingan kali ini mengenai cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi.

cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi atau Rusak

1. Memastikan Kerusakan Keyboard

Ada dua kemungkinan yang menyebabkan keyboard tidak berfungsi, bisa kerna hardware ataupun software yang bermasalah atau rusak.

Bagaimana cara memastikannya? Kamu tingga masuk ke BIOS laptop. Apabila bisa masuk dengan menggunakan tombol keyboard, kemungkinan besar yang bermasalah adalah software.

2. Bersihkan Keyboard dari Debu

Jika terdapat beberapa tombol pada laptop kamu yang tidak berfungsi, sementara untuk tombol yang lain berfungsi dengan baik, maka bisa jadi pada tombol keyboard yang tidak berfungsi tersebut ada debu ataupun benda lain yang mengganjalnya.

Untuk menyingkirkan debu atau benda tersebut, cara yang paling gampang adalah dengan memiringkan laptop kamu 75 derajat kemudian goyangkan agar debu atau benda yang mengganjal hilang. Akan tetapi jika belum berhasil, kamu bisa gunakan sikat gigi, kain halus, kuas kecil ataupun pembersih khusus untukĀ  laptop.

Kamu juga bisa membersihkannya dengan menggunakan selotip, caranya dengan menempelkan ke bagian tombol yang tidak berfungsi. Setelah semua debu selesai dihilangkan, coba semua tombol apakah sudah berfungsi atau belum.

3. Restart Laptop

Pada saat menggunakan keyboard dan secara tiba-tiba tanpa sebab keyboard tidak berfungsi secara keseluruhan, maka bisa jadi masalah tersebut berada pada software, driver ataupun karena laptop terlalu panas akibat lama digunakan.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan merestart laptop, setelah itu kemungkinan keyboard laptop akan kembali berfungsi dengan normal. Kamu bisa melakukannya dengan klik menu Start, kemudian tahan tombol power selama 5 detik atau paling lama selama 15 detik, setelah itu laptop akan terestart dengan sendirinya.

Dengan melakukan restart mungkin bisa membuat keyboard kembali berfungsi dan bekerja dengan normal. Jika belum bisa, silahkan coba ke langkah selanjutnya.

4. Restore Windows

Jika keyboard laptop yang kamu gunakan tidak berfungsi ketika telah melakukan instalasi aplikasi baru atau setelah mengubah pengaturan, kamu bisa mencoba untuk melakukan restore Windows. Dengan cara ini kemungkinan besar akan memecahkan masalah keyboard yang tidak berfungsi. Langkah untuk merestore Windows, bisa mengikuti langkah berikut ini:

  • Klik Start menu, lalu dari sana klik Control Panel.
  • Sekarang, pilih menu System and Security lalu pilih Back up your computer.
  • Lalu akan muncul pilihan Recover system settings or your computer, silahkan Klik.
  • Lalu klik Open System Restore.
  • Setelah itu, Kamu cukup ikuti Wizard sederhana sebelum proses restore Windows dimulai.
  • Laptop akan memulai rebooot.

Jika yang bermasalah adalah sistem, maka setelah proses restore berhasil harusnya keyboard sudah normal kembali.

5. Perbaiki Driver Keyboard

Penyebab keyboard tidak berfungsi salah satunya juga bisa disebabkan karena driver keyboard yang kamu gunakan tidak pernah di update atau ada aplikasi lain yang merusak sehingga berdampak pada keyboard menjadi kurang responsif.

Untuk mengetahui lebih pasti, kamu harus memeriksa dan memastikan apakah memang benar driver keyboard yang kamu gunakan bekerja dengan baik atau tidak melalui Device Manager. Berikut caranya:

  • Klik Start Mendu dan pilih Control Panel.
  • Setelah itu pilih menu System and Security dan pilih Device Manager.
  • Dalam Device Manager, kamu akan melihat semua driver hardware yang ada di laptop.
  • Pilih Keyboard, maka kamu akan menemukan pilihan menu driver di bawahnya.
  • Jika kamu melihat ada tanda segitiga kuning di atasnya disertai tanda seru di dalamnya, itu berarti ada masalah pada driver yang digunakan.

Sebaiknya lakukan update pada driver keyboard dengan mengunduhnya pada website resmi produsen laptop yang kamu gunakan. Kemudian cari driver paling terbaru yang sesuai dengan perangkat kamu, download dan instal.

6. Bawa ke Service Center Resmi

Jika semua cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi, kemungkinan besar yang bermasalah ada hardware. Jika garansi laptop kamu masih berlaku, kami sarankan untuk memeriksanya langsung di service center resmi.

Namun jika masa garansinya sduah habis, kamu bisa meminta bantuan teknisi laptop langganan. Biasanya masalahnya terdapat pada kawat kecil, seperti kabel pita yang terputus dan masih dapat diperbaiki dengan mudah.

Cara Alternatif

Jika keyboard laptop kamu mengalami masalah pada sebagian tombolnya, sementara cara diatas sudah dicoba dan belum berhasil serta belum ada waktu dan biaya untuk membawa ke service center. Solusi yang bisa kamu gunakan adalah dengan membeli keyboard USB eksternal sebagai pengganti sementara.

Kamu juga bisa menggunakan keyboard virtual dalam keadaan darurat, caranya dengan klik Start menu > All Programs > Accessories > Ease of Access > On-Screen Keyboard.

Demikianlah informasi singkat mengenai cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi, semoga bermanfaat!

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Related posts