Kali ini setekno akan membahas cara mengatasi blue screen pada windows 10 dengan CMD.

Siapa yang tidak kesal dengan Blue Screen apalagi muncul disaat yang tidak tepat. Mau komputer receh maupun komputer sultan bisa saja mengalami BSOD ini alias Blue Screen Of Death.

Blue screen ditandai dengan munculnya layar biru yang disertai dengan pesan error penyebab masalah yang terjadi.

Namun untuk versi Windows 10 ini biasanya sudah tidak ada lagi kode error yang di tampilkan, melainkan langsung di kasih tau permasalahan errornya di bagian apa.

Namun untuk windows dibawahnya seperti windows 7, maka temen-temen harus mengetahui kode-kode error yang di tampilkan saat BSOD ini terjadi.

Penyebab Blue Screen Pada Komputer Dengan OS Windows

Penyebab blue screen bisa bermacam-macam. Mulai dari error di software, sampai ke hardware yang overheat atau kepanasan, malware atau virus dan penyebab-penyebab lainnya.

Kebanyakan pengguna windows akan install ulang OS nya saat terjadi Blue Screen ini, namun install ulang bukanlah solusi utama untuk menangani BSOD.

Jika yang bermasalah adalah File System OS nya, Install ulang mungkin adalah pilihan yang terbaik.

Namun bagaimana jika permasalahannya bukan pada File System, maka melakukan install ulang pun akan percuma karena Blue Screen akan kembali lagi.

Untuk mengenali apa penyebab blue screen yang temen temen alami, silakan perhatikan petunjuk error yang di berikan saat terjadi blue screen tersebut. Contohnya seperti ini:

Jadi sebelum melakukan langkah-langkah perbaikan, sebaiknya kenali dulu error apa yang temen temen alami.

kalau BSOD terjadi hampir setiap hari, bisa jadi karena spesifikasi komputer temen temen tidak sebanding dengan kerjanya.

Meskipun terlihat menyeramkan, blue screen bisa diatasi dengan cara-cara troubleshooting yang sederhana.

Dalam artikel ini, setekno akan membahas lengkap cara mengatasi blue screen pada Windows 10.

Disable Windows Error Reporting Service

Jika masalah blue screen yang temen temen alami hanya masalah kesalahan system windows, entah itu Driver yang berjalan tidak semestinya atau software atau system yang crash, maka temen temen bisa me non-aktifkan fitur ini, agar blue screen tidak di tampilkan lagi setiap terjadi crash.

Windows Error Reporting Service adalah fitur sistem yang terdapat pada sistem operasi Windows yang bertugas untuk mengirimkan informasi tentang kesalahan yang terjadi pada sistem ke Microsoft.

Informasi tersebut kemudian akan diproses oleh Microsoft untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada sistem. Saat kesalahan terjadi, aplikasi atau program yang bersangkutan akan terhenti atau crash, dan Windows akan menampilkan pesan error (blue screen).

Fungsi Windows Error Reporting Service adalah untuk membantu Microsoft meningkatkan kualitas sistem operasi Windows dengan cara mengumpulkan informasi tentang kesalahan yang terjadi pada sistem.

Dengan demikian, Microsoft dapat memperbaiki masalah yang terjadi dan mengeluarkan update untuk sistem operasi Windows untuk mengatasi masalah tersebut.

Temen temen dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Windows Error Reporting Service melalui Control Panel atau dengan mengubah pengaturan di dalam service.msc.

Silakan klik menu “start” lalu langsung ketik saja “service”.

Maka akan muncul tab service. Selanjutnya cari “Windows Error Reporting Service” biasanya di paling bawah sesuai dengan urutan abjad.

Selanjutnya, klik kanan pada menu tersebut. Kemudian klik “properties“.

Lalu pada bagian “startup type” ubah menjadi “disable“.

Klik “apply” lalu “ok

Cara Mengatasi Blue Screen Menggunakan Command Prompt (CMD)

sfc/scannow untuk mengatasi blue screen windows 10
sfc/scannow

Beriku ini adalah langkah-langkah cara mengatasi blue screen pada Windows 10 dengan menggunakan Command Prompt (CMD):

  1. Masuk ke menu Start dan ketik “CMD” ke kotak pencarian. Kemudian, klik kanan pada program Command Prompt yang muncul dan pilih “Run as administrator”.
  2. Setelah masuk ke Command Prompt sebagai administrator, ketik “sfc /scannow” (tanpa tanda petik) dan tekan Enter. Ini akan memulai proses pemindaian sistem dan memperbaiki file-file yang rusak.
  3. Setelah proses selesai, restart komputer/laptop temen temen dan coba lihat apakah blue screen masih muncul.

Jika masalah masih belum teratasi, coba boot ke Safe Mode dengan menekan tombol F8 saat komputer sedang booting.

Setelah masuk ke Safe Mode, coba lakukan troubleshooting terhadap perangkat keras (Hardware) yang mungkin menjadi penyebab blue screen, seperti mencabut semua perangkat tambahan (misalnya flash drive, external hardware, dll.) dan mencoba boot kembali ke Windows normal.

Jika masalah masih belum teratasi, coba lakukan restore sistem ke titik restore yang telah temen temen tentukan sebelumnya. Caranya adalah:

  1. Masuk ke menu Start, ketik “restore” ke kotak pencarian, dan pilih “Create a restore point” di bawah Control Panel.
  2. Kemudian ikuti petunjuk yang muncul untuk membuat titik restore baru. Setelah titik restore dibuat, masuk ke menu Start lagi.
  3. Ketik “restore” ke kotak pencarian, dan pilih “System Restore” di bawah Control Panel.
  4. Ikuti petunjuk yang muncul untuk memulai proses restore sistem.

Jika masalah masih belum teratasi, temen temen mungkin perlu menginstall ulang Windows. Pastikan temen temen mem-backup semua file yang diperlukan sebelum melakukan reinstall, karena proses ini akan menghapus semua file yang ada di sistem temen temen.

Lakukan troubleshooting (Scan) Secara Berkala

Seperti yang setekno katakan sebelumnya, penyebab blue screen bisa terjadi karena berbagai hal, seperti masalah perangkat keras (Hard Drive), Driver, atau bahkan Malware/Virus didalam komputer.

Oleh karena itu, penting untuk mencoba berbagai troubleshooting yang berbeda untuk mencari tahu penyebab masalah dan menemukan solusi yang tepat. 

Troubleshooting adalah proses mencari (Scan) dan memperbaiki masalah atau gangguan yang terjadi pada sistem operasi (OS) Windows.

Tujuan dari troubleshooting atau melakukan scan ini adalah untuk menemukan dan mengatasi masalah yang mungkin saja bisa terjadi pada sistem operasi Windows temen temen

Dengan begitu, komputer atau laptop temen temen dapat berfungsi dengan normal khususnya dalam menyelesaikan tugas yang diinginkan dengan lancar.

Berikut ini beberapa langkah troubleshooting yang dapat temen temen coba untuk mengatasi blue screen pada Windows 10:

Periksa apakah ada masalah dengan perangkat keras.

Pastikan semua komponen komputer temen temen terpasang dengan benar dan tidak rusak. Jika temen temen menggunakan kartu grafis (VGA/GPU), coba cabut dan pasang kembali VGA tersebut.

Periksa apakah ada masalah dengan driver.

Pastikan semua driver yang digunakan oleh komputer temen temen terupdate dan tidak rusak. Temen temen dapat mencoba meng-uninstall dan menginstall kembali driver yang mengalami masalah.

Periksa apakah ada masalah dengan malware/Virus.

Gunakan program antivirus untuk memindai sistem temen temen dan pastikan tidak ada malware yang menyebabkan masalah. 

Lakukan restore sistem.

Temen temen dapat mencoba melakukan restore sistem ke titik restore yang telah temen temen tentukan sebelumnya, untuk mengembalikan sistem ke kondisi sebelum masalah terjadi.

Instal ulang Windows.

Jika langkah-langkah di atas tidak membantu, temen temen mungkin perlu menginstall ulang Windows untuk mengatasi masalah blue screen. Pastikan temen temen mem-backup semua file yang diperlukan sebelum melakukan reinstall, karena proses ini akan menghapus semua file yang ada di sistem temen temen.

Setelah temen temen sudah melakukan beberapa troubleshooting tersebut, mudah mudahan temen temen sudah menemukan masalah Blue Screen yang temen teman alami.

Tips Menghindari Blue Screen Pada Operating Sistem (OS) Komputer / Laptop

Berikut ini beberapa tips yang dapat temen temen lakukan untuk menghindari terjadinya blue screen pada komputer dengan sistem operasi Windows:

Perbarui sistem dan perangkat lunak secara berkala melalui windows update.

Pastikan temen temen selalu menggunakan versi terbaru dari sistem operasi yang temen temen gunakan. Update ini biasanya menyertakan perbaikan bug dan keamanan yang dapat mengurangi risiko terjadinya masalah seperti blue screen.

Temen temen bisa melakukan update melalui fitur yang sudah tersedia yaitu windows update pada OS Windows 10.

Gunakan/Install Software Antivirus

Pastikan temen temen menginstall antivirus yang terpercaya dan selalu mengupdate database virusnya. Ini akan membantu menghindari serangan malware yang dapat menyebabkan masalah seperti blue screen.

Selalu Monitor Harware Komputer / Laptop

Pastikan perangkat keras (Hardware) komputer temen temen terpasang dengan benar dan tidak rusak. Jika temen temen menggunakan kartu grafis (VGA), pastikan konektor kartu tersebut terpasang dengan benar.

Gunakan Software dan Driver Yang Kompatible

Gunakan driver yang sesuai dengan perangkat keras dan kompatible dengan Windows yang temen temen gunakan. Pastikan temen temen menggunakan driver yang tepat untuk setiap perangkat keras yang terpasang pada komputer temen temen. Gunakan driver yang di-update secara berkala untuk mengurangi risiko terjadinya masalah.

Jaga Suhu Komputer / Laptop

Jauhkan komputer dari sumber panas. Pastikan komputer temen temen tidak terletak di dekat sumber panas seperti radiator atau AC, karena ini dapat menyebabkan komputer overheat dan mengalami masalah seperti blue screen.

Install Hardware dan Software Seperlunya

Hindari menambahkan perangkat tambahan secara sembarangan. Pastikan temen temen hanya menambahkan perangkat tambahan yang diperlukan saja dan sesuai dengan spesifikasi komputer temen temen. Hal ini dapat mengurangi risiko terjadinya masalah seperti blue screen.

Sama halnya dengan software, pastikan temen temen hanya menginstall software yang dibutuhkan saja. Hal ini juga dapat menghemat storage memory komputer / laptop temen temen.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi blue screen pada windows 10 yang bisa temen temen coba. Semoga bermanfaat ya.

Categorized in: