Cara mengatasi Aw Snap Pada Google Chrome Dan penyebabnya

Cara mengatasi Aw Snap Pada Google Chrome Dan penyebabnya

Posted on

Chrome buatan Google bisa dibilang sebagai aplikasi browser populer di dunia entah itu versi desktop maupun mobile-nya. Meskipun digunakan banyak orang, nyatanya aplikasi ini tetap tak luput dari yang namanya error. Dan salah satu jenis kesalahan yang masih sering dialami oleh kebanyakan penggunanya adalah “Aw, Snap!” atau “Yah” yang akan terus muncul tak peduli berapa kalipun halaman dimuat ulang. Nah, kali ini kita ajak Sobat Tekno semua yang mungkin pernah mengalami masalah ini untuk mencari apa penyebab dan bagaimana mengatasinya. Simak!

Jadi, Apa Sebenarnya Penyebab Error “Aw, Snap!” Google Chrome Ini?

Cara mengatasi Aw Snap Pada Google Chrome Dan penyebabnya

Perlu Sobat ketahui, biang masalah “Aw, Snap!” ini umumnya hanya ada 2, untuk saat ini loh ya. Biasanya masalah ini muncul karena infeksi virus pada laptop yang bisa ditelusuri dengan aplikasi yang baru-baru ini diinstal. Aplikasi baru tersebut, tanpa sepengetahuan pengguna, menginstal lagi aplikasi baru yang memicu dijalankannya Chrome. Dan sayangnya, Chrome tidak support dengan aplikasi tersebut hingga muncullah pesan “Aw, Snap!” tadi.

Nah, pemicu lain yang juga sering memicu warning ini adalah cache browser yang terlalu penuh. File-file cache yang terus dibuat selama aktifitas browsing terus menumpuk hingga tak mampu lagi dikelola lagi. Saat laptop ataupun PC milik Sobat sudah melampui batas kemampuannya, muncullah pesan “Aw, Snap!” pada browser Chrome.

Cara mengatasi Aw Snap Pada Google Chrome Dan penyebabnya

Lantas Apa yang Bisa Sobat Lakukan untuk Mengatasi Masalah Aw Snap?

Hal yang bisa Sobat Tekno lakukan untuk mengatasi masalah Aw Snap ini cukup beragam, mulai dari mematikan services yang memicu error, tambahkan kata sandbox pada akhir target file Chrome dan update Chrome.

Nonaktifkan Services Yang Tidak Perlu

Tak jarang dari sekian banyak services yang berjalan di komputer bisa saja mencegah Chrome untuk bekerja. Nah untuk mencari tahu tentang adanya masalah pada services yaitu dengan menonaktifkan  services lalu mengaktifkannya kembali untuk mencari tahu layanan mana yang memicu masalah.

  • Buka “run” lalu ketik msconfig dan lihat ke tab Services – Hide all Microsoft Services – Disable all.
  • Lihat juga tab Startup – Open Task Manager – Disable
  • Setelah itu, klik OK dan reboot komputer Sobat dan buka Google Chrome
  • Apabila error sudah tidak terjadi, aktifkan kembali aplikasi di tab Startup tadi.

Tambahkan -no-sandbox

Sobat juga bisa menggunakan perintah -no-sandbox di akhir target lokasi pada setting Google Chrome.

  • Tutup Chrome lalu masuk ke direktori “C:\Program Files (x86)\Google\Chrome\Application\chrome.exe”
  • Lakukan klik kanan pada chrome.exe dan pilih properties pada jendela pop-up lalu masuk ke menu shortcut. Pada menu tersebut Sobat bisa melihat Target lalu tambahkan (spasi) -no-sandbox pada bagian akhir.
  • Jangan lupa Sobat klik Apply lalu OK.

Hapus Cache Google Chrome

Sebaiknya Sobat juga melakukan pembersihan untuk memastikan bahwa Chrome berada pada kondisi terbaiknya. Pastikan Sobat sudah membackup setiap data penting dari browser meliputi email maupun kata sandi. Selanjutnya hapus semua data browsing, cache dan cookies dari Chrome.

  • Cara melakukannya adalah dengan klik tombol hamburger di pojok kanan atas tampilan Google Chrome – Fitur lainnya – Hapus data penjelajahan.
  • Di pilihan Rentang Waktu, pilih Semua lalu klik Hapus Data.
  • Setelah itu reboot browser Chrome Sobat.

Nah itulah tadi penyebab masalah Aw, Snap! Pada aplikasi browser Google Chrome di laptop Sobat Tekno. Sebaiknya lakukan update aplikasi tersebut secara berkala untuk memastikan keandalan dan keamanannya sebelum mencoba beralih dan membiasakan diri dengan browser lain.